1.MAGENTO

Magento adalah aplikasi e-commerce (disebut juga online store atau shopping cart) berbasis web dengan fasilitas sangat lengkap.

Tampilan Magento dapat diterjemahkan ke bahasa lain selain bahasa Inggris menggunakan Language Pack. Berikut ini cara menginstall dukungan bahasa Indonesia.

Catatan: Komputer/server Anda harus terkoneksi ke Internet saat melakukan langkah-langkah berikut.

Dapatkan Extension Key

  1. Browse ke Indonesian Language Pack for Magento.
  2. Pilih extension key yang muncul, catat atau copy ke Clipboard. Contoh extension key untuk versi 1.2.0.0.2 adalah:
  1. Klik tab “Releases”.
    Pada versi terbaru (paling atas), klik tombol “Get Extension Key”.
    Centang “By checking this box I agree to the extension license agreement“, lalu klik lagi tombol “Get Extension Key”.

magento-community/Locale_Mage_community_id_ID-1.2.0.0.2

Install Language Pack Bahasa Indonesia

  1. Dari admin Magento, klik menu System -> Magento Connect -> Magento Connect Manager.
  2. Di bagian “Install New Extensions”, di kotak “Paste extension key to install”, masukkan extension key yang Anda catat di langkah 4, lalu klik tombol “Install”.

Aktifkan Tampilan Bahasa Indonesia

  1. Dari admin Magento, klik menu System -> Configuration.
  2. Pastikan Anda berada di halaman General -> General.
    Di bagian Locale options -> Locale, pilih “Bahasa Indonesia”. Lalu klik tombol “Save Config”.

Refresh Cache

Apabila cache Magento sedang aktif, perubahan Anda tidak langsung aktif. Langkah-langkah Refresh Cache sebagai berikut:

  1. Dari admin Magento, klik menu System -> Cache Management.
  2. Di bagian Cache Control -> All Cache, pilih “Refresh”.
  3. Klik tombol “Save cache settings”.

Silakan cek tampilan aplikasi web Magento Anda yang baru.

Saat ini, language pack bahasa Indonesia masih belum terlalu lengkap. Mau membantu? Silakan bergabung di forum Language Pack Indonesia untuk Magento.

2.ZEN-CART

Adalah program untuk para pengusaha online dalam memudahkan mereka membuka merchan untuk display produk dan komoditi mereka supaya mudah mempromosikan dan memperkenalkan produk mereka kepada calon pelanggannya. Meskipun mereka tidak memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman website sama sekali.

Sesuai slogannya, Zen-Cart benar-benar sebuah karya seni dalam menjalankan bisnis online (The Art of Ecommerce). Didesain sebagai sebuah aplikasi ecommerce yang gratis, user friendly, dan sistem belanja online open source. Sistem ini tetap dan masih mengalami pengembangan oleh sekelompok “pecandu” bisnis online, programmer, desainer, dan para konsultan yang berpikir bahwa bisnis online (ecommerce) perlu dilakukan dengan caranya sendiri. Sebagian solusi yang ditawarkan lebih terkesan sebagai komplikasi latihan pemrograman dari pada sebagai jawaban akan kebutuhan para customer dan pengusaha online (e-preneurs). Sementara Zen-Cart menempatkan kebutuhan merchan dan para pembelanja online sebagai dasar pertimbangan utama pembuatan aplikasi ini. Demikian pula dalam proses instalasi, aplikasi toko online lain hampir mustahil bisa diinstall tanpa memiliki skill pemrograman yang memadai. Sedangkan Zen-Cart sangat mudah diinstall meski oleh orang yang tidak memiliki skill pemrograman website sekali pun.

Didesain untuk Para Pembelanja Online

Zen-Cart akan memberikan sebuah pengalaman belanja online yang sangat mengesankan bagi para pelanggan Anda. Menggiring mereka untuk melihat dan meneliti produk-produk yang Anda tampilkan, menyediakan beberapa daftar yang mungkin akan sangat menarik buat mereka lewat program promosi dan penawaran khusus.

Setelah produk yang diinginkan telah dimasukkan ke tas belanja, para pembelanja akan melakukan tiga tahapan proses pembayaran (checkout) yang mudah dan aman.

Tahap pertama, alamat pengiriman dan penagihan ditampilkan sesuai data yang dimasukkan saat pelanggan melakukan registrasi (sign up). Pada tahapan pertama ini, mereka diminta menentukan pola pengiriman. Di sini mereka bebas memilih pola pengiriman seperti untuk order mereka. Pada tahapan ini juga mereka bisa mengetahui biaya pengirimannya. Aplikasi Zen-Cart juga memiliki bawaan (built-in) fasilitas muliple shipping methods, serta fasilitas penghitung tarif pengiriman online secara realtime, seperti UPS, USPS. Merchan juga bisa menyediakan tarif pengiriman flat, fasilitas pembayaran COD. Bisa juga ditambahkan opsi pengiriman lain yang bisa diatur sendiri oleh para pemilik merchan.

Tahap kedua, mereka diminta menentukan pola pembayaran apa yang mereka inginkan.  Ada dua jenis pola pembayaran online populer yang sudah built-in dalam aplikasi Zen-Cart, yaitu AuthorizeNet dan Paypal. Sehingga pembelanja bebas memilih alternatif pola pembayaran yang tersedia sesuai keinginannya. Merchan juga bisa menambahkan opsi pembayaran yang lain, seperti: money order (bisa dimodifikasi menjadi pembayaran dengan cek atau wesel pos), sampai pembayaran lewat transver bank offline dan online. Zen-Cart juga termasuk salah satu aplikasi ecommerce yang telah mendapatkan sertifikasi dari PayPal. Artinya, para pemilik merchan yang menggunakan aplikasi PayPal bisa menerima pembayaran lewat PayPal.

Tahap ketiga, alamat pengiriman, pola pengiriman, dan pola pembayaran kembali diuraikan dan pembelanja diminta untuk mereview ordernya. Sebelum menekan tombol konfirmasi, pembelanja bisa mengubah data-data tersebut. Pelanggan juga bisa meninggalkan pesan khusus kepada pengelola merchan yang bisa dituliskan pada form belanjaan mereka.

Setelah pelanggan mengonfirmasi ordernya, invoice order pun akan segera dikirim ke email pembelanja dan ke email pemilik merchan. Banyak hal yang kita butuhkan bisa dipenuhi oleh aplikasi Zen Cart.

  • Proses penyiapan dan instalasi program yang sangat mudah.
  • Penyesuaian dan modifikasi yang sangat mudah
  • Beberapa fungsi yang bisa diotomatisasi. Seperti tugas tertentu dan konfirmasi order.
  • Proses navigasi pelanggan yang sederhana
  • Aplikasi promosi dan program pemasaran yang sudah built-in. Seperti kupon diskon, voucer belanja, newsletters, dan program notifikasi produk yang membantu para pembelanja untuk selalu up-to-date mengenai produk yang mereka gandrungi.
  • Pembuatan program diskon per-produk, diskon umum keseluruhan produk, diskon per kelompok produk, serta penentuan diskon berdasarkan kuantitas belanja.
  • Yang tidak kalah handal adalah, peralatan SEO (Search Engine Optimization), kontrol meta tag per produk, akan membuat produk-produk Anda mudah diserap oleh mesin pencari besar seperti Google, Yahoo, MSN, serta mesin pencari (search engine) lainnya.
  • Alat pelindung password administrator dan sistim pengamanan folder administrator yang handal dan mudah.
  • Sangat mendukung untuk website multi-bahasa, multi-mata uang, dan struktur pajak.

Ringkasnya, Zen-Cart akan memberikan pengalaman belanja online yang mengesankan bagi para pelanggan Anda.

Didesain untuk Para Desainer Web

Zen Cart memberikan kesempatan bagi para web desainer untuk membuat toko online yang mudah dan selalu up-to-date dengan fitur-fitur barunya. Menyediakan layanan yang ramah yang bisa digunakan pada setiap level industri dan usaha dengan praktek pengayaan yang terintegrasi.

Salah satu kunci rahasia di balik kekuatan Zen-Cart sebagai shopping cart adalah, kekuatan dan kemudahan kodifikasi pembuatan template yang “abstrak” dalam hal tampilan. Hal ini memberi keleluasan bagi klien Anda untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian yang cepat dan sempurna pada fitur tampilan situs mereka sesuai kebutuhan.

Untuk Para Pengembang dan Penyedia Layanan Hosting

Para pengembang bisa melakukan solusi cutting edge berdasarkan standar teknologi modern pada Zen-Cart. Kombinasi teknologi server PHP dengan kemampuan memilih dari beragam jenis database dan back-end, menghasilkan perangkat lunak yang fleksibel dan dapat disesuaikan serta dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Adapun standar minimum server yang dianjurkan untuk bisa menjalan Zen-Cart adalah: PHP 4.3.2 atau di atasnya; Apache 1.3.x dan MySQL 3.23.x atau di atasnya; PHP 4.3.2 atau di atasnya; Apache 1.3.x dan MySQL 3.23.x atau yang lebih tinggi.

Filosofi Zen-Cart

Idealisme Zen-Cart sederhana saja:

  1. Memelihara tujuan para pemilik toko online untuk selalu diingat setiap saat.
  2. Membuat segala sesuatu menjadi mungkin untuk digunakan dengan cara yang sederhana.
  3. Mendengarkan dan merespons pandangan dan masukan dari para pengguna kami.
  4. Terus memperluas basis data dan pilihan server.
  5. Berusaha untuk menjadi shopping cart yang sempurna.

Kami hanya ingin menyediakan program shopping cart yang cepat dan mudah serta tersedia untuk setiap orang di bawah lisensi GPL. Tim pengembangan Zen-Cart mendorong para anggota komunitas kami dan mengundang siapa saja untuk menjadi bagian dari komunitas kami, untuk memberikan masukan serta berdiskusi tentang berbagai solusi online untuk menjalankan bisnis.

Selanjutnya, tim kami senantiasa berniat membuka komunikasi dengan para user kami tentang apa yang sedang terjadi, tujuan-tujuan kami, rencana release dan launching versi-versi baru, serta untuk memastikan bahwa kami telah menerapkan fitur-fitur penting dan mempromosikan bisnis yang menguntungkan bagi para pemilik toko online.

3.PRESTASHOP

Artikel ini akan membahas cara installasi toko online PrestaShop di web hosting. Prestashop merupakan aplikasi web base yang dapat digunakan untuk membangun sebuah toko online secara gratis. Dimana spesifikasi dari yang dibutuhkan oleh PrestaShop adalah: Linux, Unix, atau Windows, Web Server (Apache 1.3 atau terbaru IIS 6 atau terbaru), PHP 5.0 atau terbaru, MySQL 5 atau terbaru.

Proses instalasi PrestaShop dibagi menjadi:

  1. Download PrestaShop
  2. Upload PrestaShop
  3. Buat Database
  4. Install PrestaShop

Download PrestaShop

Anda dapat mendownload aplikasi PrestaShop secara gratis melalui situs resmi di http://prestashop.com

Upload PrestaShop

Setelah selesai download, upload file tersebut ke web hosting dengan menggunakan FTP, simpan file tersebut di direktori yang anda inginkan. Harus di dalam public_html.

Cara upload bisa Menggunakan FileZilla.

Proses upload akan memakan waktu yang agak lama, selagi menunggu selesai upload, silahkan lanjutkan ke langkah berikutnya.

Buat Database

Login ke cPanel untuk Membuat Database MySql untuk PrestaShop. Catat informasi berikut: nama database, username, dan password.

Install PrestaShop

Setelah proses upload selesai, login ke cPanel > File Manager, lalu extract file PrestaShop.

Pindahkan ke direktori yang anda inginkan, misalkan anda ingin toko online anda bisa diakses melalui nama domain, maka pindahkan semua isi PrestaShop yang ada di dalam direktori public_html/prestashop ke public_html.

Lalu mulai instalasi dengan mengakses web instalasi di URL:  http://namadomain/install

Pilih bahasa yang diinginkan lalu tekan tombol Next untuk melanjutkannya.

Pada halaman berikutnya, instalasi akan melakukan pemeriksaan terhadap server dan sistem. Jika server mendukung dengan requirementnya, maka ikonnya akan berwarna hijau. Lalu tekan tombol Next untuk melanjutkan.

NB: hal ini dikecualikan untuk fitur Allowed to open external URLs. Kami disabled funsgi tersebut demi keamanan server.

Pada langkah ketiga instalasi, masukkan informasi database yang telah anda buat sebelumnya. Cara buat database bisa dibaca di Membuat Database MySql. Lalu pilih pilihan Full mode: Install all basic modules and add sample products

Setelah semua selesai dimasukkan, tekan tombol Next untuk melanjutkan.

Pada halaman ini anda diminat untuk memasukkan informasi diri dan toko online anda. Setelah selesai, klik tombol Next untuk melanjutkannya.

Instalasi telah selesai dilakukan. Sekarang anda harus menghapus direktori install, gunakan File Manager cPanel untuk menghapus direktori install.

WARNING! For security reasons, you must now delete the ‘install’ folder located on your hosting server.

Setelah hapus direktori install, rename direktori admin dengan nama yang lain, misal admin123. Rename direktori bisa dilakukan melalui File Manager di cPanel.

Advertisements